Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 19 Maret 2011

Teori Umum Tentang Hukum & Negara

Judul Buku : Teori Umum Tentang Hukum & Negara
Pengarang : Hans Kelsen
Harga : Rp 90.000,00
Penerbit : Nusa Media

Ringkasan :

Buku ini merupakan salah satu dari Seri Filsafat Hukum Abad XX. Tujuan dari karya ini ada dua :
Pertama, untuk menyajikan unsur-unsur penting dari teori hukum murni dengan cara yang dapat dipahami oleh pembaca  yang hidup dalam tradisi dan suasana Common Law;

Kedua, untuk merumuskan teori tersebut sedemikian rupa sehingga mencakup masalah-masalah dan institusi-institusi hukum Inggris dan Amerika, juga negara-negara lain yang menganut sistem Civil Law.

Buku ini dibagi ke dalam dua bagian :

  1. Teori yang akan diuraikan secara rinci pada bagian pertama adalah teori umum tentang hokum positif. Hokum positif adalah hokum masyarakat tertentu : hokum Anerika Serikat, hokum Perancis, hokum Meksiko, dan hokum Internasional. Teori umum tentang hokum yang dikemukakan disini dimaksudkan untuk mejelaskan secara ilmiah tatanan hokum tertentu yang menggambarkan komunitas hokum terkait. Teori ini, sebagai hasil dari analisis komparatif terhadap sejumlah tatanan hokum positif yang berlainan, menyuguhkan konsep-konsep fundamental yang dapat digunakan untuk memaparkan hokum positif dari suatu komunitas tertentu. Materi utama yang dikaji adalah norma-norma hokum, unsur-unsurnya, interrelasinya, tatanan hokum sebagai satu kesatuan, strukturnya, hubungan antar berbagai tatanan hokum dan terakhir kesatuan hokum dalam pluralitas tatanan hokum positif.

  1. Bagian kedua membahas teori umum tentang Negara. Dalam bagian ini diuraikan dengan detil tema-tema mendasar : hubungan antara hokum dan Negara, unsur-unsur negara, teori tentang pemisahan kekuasaan, bentuk-bentuk pemerintahan, bentuk-bentuk organisasi, dan kaitan antara hukum nasional, dan hukum internasional. Untuk memperluas wawasan, di akhir buku ini disertakan sebuah lampiran yang sangat penting : Doktrin Hukum Alam dan Positivisme Hukum.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites