Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 19 Maret 2011

Sistem Pemerintahan Indonesia

Judul : Sistem Pemerintahan Indonesia
Pengarang : Mahmuzar, M.Hum
Harga : Rp 35.000,00
Penerbit : Nusa Media

RINGKASAN :

UUD 1945 lama menganut prinsip-prinsip sistem pemerintahan presidential dan sistem pemerintahan parlementer, sehingga implementasinya dalam ketatanegaraan Indonesia terjadi kerancuan.  Pada kurun waktu tertentu diterapkan sistem pemerintahan presidential dan pada waktu yang lain diterapkan sistem pemerintahan parlementer . Kadang gabungan antara keduanya.

Dualisme sistem pemerintahan pada UUD 1945 lama tersebut berpengaryh pada pertumbuhan masyarakat, khususnya di kalangan ahli hukum tata negara dan ahli ilmu politik. Ada yang berpendapat , sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 lama adalah sistem pemerintahan presidential, namun ada pula yang mengatakan sistem campuran, semi parlementer dan sistem MPR. Perbedaan pendapat tersebut merambah ke kalangan penyelenggara Negara sehingga memberi peluang terjadinya konflik antar Lembaga Negara. Itulah sebabnya UUD 1945 diamandemen.

Buku ini membahas sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945, sebelum dan sesudah amandemen. Dalam buku ini dideskripsikan tema-tema krusial terkait ketatanegaraan Indonesia :
  • Model Sistem Pemerintahan
  • Sistem Pemerintahan Menurut UUD 1945 Lama
  • Sistem Pemerintahan Menurut UUD 1945 Hasil Amandemen

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites