Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 19 Maret 2011

Hukum Keuangan Islam

Judul Buku : Hukum Keuangan Islam
Pengarang : Frank E Vogel
Harga : Rp 50.000,00
Penerbit : Nusa Media

Ringkasan :

Sepanjang 2o tahunterakhir, perbankan dan keuangan Islam mengalami perkembangan sangat pesat. Di Iran, Pakistan dan Sudan, kini perbankan Islam telah menjadi hukum negara. Di banyak negara lain, seperti Mesir, Malaysia dan Brunei, perbankan Islam hidup berdampingan dan bersaing dengan lembaga keuangan model Barat. Bahkan sejumlah lembaga keuangan utama di negara-negara Barat, Timur Tengah dan Asia mengakui perbankan Islam sebagai satu peluang baru yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi. Perusahaan-perusahaan ini telah mengambangkan praktik-praktik Islami untuk  melayani pasar yang sedang tumbuh.

Buku ini menjelaskan tentang perbankan dan keuangan Islam sebagaimana yang dipraktikkan pada masa modern. Selain Pendahuluan, buku ini dibagi menjadi tiga bagian ;
1. Bagian I : HUKUM KEUANGAN ISLAM, merupakan uraian komparatif tentang hukum Islam yang relevan dengan keuangan Islam. Kendati merupakan pengenalan dasar tentang keuangan Islam, bab-bab dalam bagian juga memuat secara detail kajian terhadap beberapa persoalan yang menjadi sisi kontroversial inovasi keuangan Islam.
2. Bagian II : ANALISIS TERHADAP PERBANKAN DAN KEUANGAN ISLAM, menguraikan relevansi antara sejumlah konsep, teori dan praktik keuangan konvensional dengan keuangan Islam, yang menyoroti perbedaan dan persamaan antara kedua lembaga tersebut.
3. Bagian III : STUDI KASUS; INOVASI KEUANGAN ISLAM, semua materi yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya disajikan secara ringkas untuk memberikan ilustrasi tentang peluang inovasi keuangan Islam pada masa datang. Inovasi-inovasi ini berfungsi sebagai studi kasus untuk menguji temuan dan kesimpulan buku ini.

Anda perlu mengenal lebih dekat praktik-praktik keuangan Islam masa kini dan bentuk-bentuk inovasinya yang potensial, jika Anda ingin sukses dalam berbisnis dengan nasabah Muslim dan ikut serta dalam pembiayaan lintas negara. Para mahasiswa, pakar Timur Tengah dan pemerhati kebudayaan ISlam perlu menelaah lebih dalam buku ini. Anda akan memetik manfaat luar biasa besar dari pemahaman terhadap aspek penting kehidupan Islam ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites