Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 26 Maret 2011

Manajemen Keuangan Pendekatan Praktis

Judul : Manajemen Keuangan Pendekatan Praktis
Penulis : Darsono Prawironegoro
Harga : Rp 78.000,00
Penerbit : Diadit Media 

KATA PENGANTAR 

Dunia bisnis adalah aktvitas mencari laba. Semua kegiatan pikiran dan tenaga fisik bagi kaum pemilik modal bertujuan untuk mencari laba. Mekanisme hidup  yang demikian itu  di luar kesadarannya, tetapi ditentukan oleh mekanisme uang sebagai kapital yang tunduk pada hukum “TIME VALUE OF MONEY”. Hukum ini menjelaskan bahwa kapital harus berkembang menurut dimensi waktu. Nilai uang hari ini harus lebih berguna dan harus lebih besar daripada hari esok, atau masa mendatang.

Kapital berkembang dan berputar sepanjang waktu yang diikuti oleh pikiran pemilik kapital. Itu menunjukkan bahwa kesadaran pemilik kapital  ditentukan oleh kondisi obyektif kapital itu. Bedasarkan tesis ini, kaum kapitalis tidak mengenal batas negara dalam mengembangkan kapitalnya. Mereka bersemboyan bahwa “KAPITAL TANPA BENDERA”, artinya kapital dapat menjelajah ke seluruh pelosok dunia dengan mengadakan kerjasama yang baik dengan penguasa politik di mana kapital itu ditanam dan dikembangkan, akhirnya kapital dapat melahirkan “Imperalisme” (suatu penjajahan bentuk baru).

Mengelola keuangan merupakan aspek penting dalam kehidupan bisnis, karena bisnis dimulai dari uang sebagai kapital untuk mendatang laba yang berupa uang. Kesalahan dalam mengelola keuangan akan mengakibatkan kebangkrutan walaupun perusahaan itu memiliki kinerja baik, mampu menghasilkan laba sesuai dengan rencana.

Kemampuan memperoleh laba memang merupakan tujuan utama bisnis, namun kemampuan itu harus diimbangi dengan kemampuan menempatakan atau mengalokasikan dana dalam harta lancar dan harta tetap yang seimbang sehingga bisnis bisa berjalan lancar. Di samping itu kemampuan memperoleh sumber dana dari pihak ketiga juga merupakan unsur penting dalam manajemen keuangan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menggunakan dana pinjaman untuk meningkatkan kekayaan pemiliknya, atau meningkatkan pendapatan per sahan atau earning per share (EPS).

Manajemen yang profesional harus mampu meningkatkan EPS melalui tiga dimensi kegiatan pentinga yaitu meningkatkan perputaran harta (assets turn over), meningkatkan laba bersih, dan meningkatkan equity multiplier. Ketiga kemampuan itu harus merupakan kemampuan inti dalam meningkatkan kekayaan pemilik perusahaan atau kekayaan pemegang saham.

Buku kecil ini diharapkan dapat memandu bagi para pemilik kapital untuk mengembangkan kapitalnya di mana saja dan kapan saja, dan untuk memandu berbagai pihak yang ingin mengetahui gerak-gerik kapital dalam kehidupan ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Para pemilik kapital harus  mempertimbangkan kondisi ekonomi, sosial, politik, dan budaya di mana mereka akan mencari keuntungan dan harus menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi tersebut agar tidak melahirkan konflik.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites