Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 19 Maret 2011

The Spirit of Laws

Judul Buku : The Spirit of Laws  
Pengarang : Montesquieu
Harga : Rp  70.000,00 
Penerbit : Nusa Media

Ringkasan :

The Spirit of Laws  karya Montesquieu ini telah menjadi bacaan wajib para negarawan dan filosof politik abad ke-18. John Adam menulis dalam buku hariannya bahwa dirinya sudah menekuni The Spirit of Laws ketika masih belia. Thomas Jefferson, yang nantinya menggantikan Adams sebagai Presiden Amerika, juga mencurahkan segenap energinya untuk merangkum isi The Spirit of Laws, yang kemudian dimasukkan dalam karyanya Commonplace Book. James Madison membandingkan peran Montesquieu dalam ilmu pemerintahan dengan Francis Bacon dalam filsafat alam.

Bentuk-bentuk Negara secara rinci memang telah berubah, tetapi sekarang ini tetap saja ada masalah dalam mencegah tirani, meredam despotisme dan menjinakkan anarki. Karena itu, kita perlu menengok kembali apa yang menjadi dasar-dasar dari ilmu hokum dan politik hasil rumusan intelektual klasik. Itulah sebabnya The Spirit of Laws tetap layak untuk ditelaah dengan sungguh-sungguh.

Dalam buku ini Anda juga akan mendapati berbagai kecaman tajam dari kalangan Gereja dan Fakultas Teologi Jesuit Universitas Paris atas buku ini dan jawaban Montesquieu terhadap para pengkritiknya. Juga disertakan dua esai Montesquieu yang sangat menarik ; “ Sebab-sebab fisik yang Mempengaruhi Pikiran dan watak “, dan  “ Sebab-sebab yang Mempengaruhi Pikiran dan watak “. Buku ini patut dijadikan bacaan wajib bagi para negarawan, politikus, dosen, mahasiswa dan Anda yang peduli dengan isu-isu penegakan hukum dan perubahan social.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites