Selamat Datang di TUKU BUKU ONLINE

Sabtu, 19 Maret 2011

Hukum Perlindungan Konsumen

Judul Buku : Hukum Perlindungan Konsumen
Pengarang : Dr.Abdul Halim
Harga : Rp 35.000,00
Penerbit : Nusa Media

Ringkasan :

Pelaku usaha dan konsumen adalah dua pihak yang saling memerlukan. Pelaku usaha perlu menjual barang dan jasanya kepada konsumen. Konsumen memerlukan barang dan jasa yang dihasilkan pelaku usaha. Sehingga, kedua belah pihak saling memperoleh manfaat atau keuntungan. Namun, dalam praktek seringkali konsumen dirugikan oleh pelaku usaha yang nakal. Karena ketidaktahuan dankekurangsadaran konsumen akan hak-haknya, akibatnya konsumen menjadi korban pelaku usaha yang culas.

Buku Hukum Perlindungan Konsumen karya Dr.Abdul Halim Barkatullah ini menempati posisi urgen dalam upaya melindungi dan menumbuhkembangkan kesadaran konsumen. Buku ini membahas berbagai hal penting seputar perlindungan hukum bagi konsumen : pengertian konsumen, sejarah gerakan perlindungan konsumen, dasar perlindungan konsumen, hukum perlindungan konsumen di Indonesia, hak dan kewajiban konsumen, kedudukan hukum perlindungan konsumen dalam hubungan dengan hukum lain. Juga tentang hubungan konsumen dengan pelaku usaha, prinsip-prinsip tanggung jawab perlindungan konsumen, perbuatan melawan hukum sebagai dasar yuridis perlindungan konsumen, kontrak dan hukum perlindungan konsumen.

Buku ini juga membahsa sanksi terhadap pelanggaran UUPK, sengketa konsumen, penyelesaian sengketa konsumen, dan proses beracara tentang small claim, class action, dan legal standing. Juga dibahas tentang berbagai perkembangan pemikiran hukum perlindungan konsumen, yang terdiri dari penerapan tanggung jawab mutlak, kedudukan BPSK dalam sistem peradilan di Indonesia, dan dasar perlindungan konsumen dalam transaksi di internet, yang membahasa tentang perkembangan tekhnologi berpengaruh terhadap hukum, urgensi perlindungan konsumen dalam transaksi di internet dan perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce lintas negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites